Skip to main content

Review: Little Garden - Indonesia Plant Based Cook



Duh.. gimana ya mulainya. Ha... halo semuanya? Eh gini enggak sih mulainya? Pertama kali ngeblog setelah satu tahun vakum rasanya canggung banget, ya. Bingung, deg-degan, enggak tau harus nulis apa tapi aku kangen dan pengen banget nulis di blog. Oke deh kita coba se-asik mungkin ya? *doakan aku guys*

Halo semuanya! Akhirnya.. setelah satu tahun vakum enggak nulis apa-apa di blog aku mau mulai menulis lagi di blog kesayangan aku. Cerita dulu kali ya, rasanya sedih banget setiap liat ngecek blog aku engga pernah ada postingan baru. Sebenernya aku selalu ngecek blogku cuma engga pernah nulis karena aku.... enggak punya bahan hahahahaha. Blog ini aku khususkan buat review-review makanan dan resep-resep yang aku coba tapi setelah kulihat satu tahun kebelakang ternyata aku jarang dateng ke tempat makan yang menunya layak di-review dan aku jarang masak. Nah! Mumpung aku ada waktu senggang nih ya sekarang akhirnya aku memutuskan buat review tempat makan di Jogja.

Bisa dibilang enggak semua orang tau tempat makan ini karena lokasinya yang lumayan jauh sama pusat kota dan menu-menu yang dijual itu menu plant-based. Mungkin baru pertama denger plant-based ya? Sama, aku juga baru akhir-akhir ini -semenjak diet- mulai cari tau tentang plant-based diet. Jadi plant-based diet adalah pola makan nabati yang artinya kita mengonsumsi semua jenis makanan yang tumbuh atau dari hasil tanam. Nah, sekarang aku lagi nyoba program diet tujuannya biar aku mau makan sayur dan buah lagi dan mau coba sehat (+ kalo bisa nurunin BB sih, hahahaha). Enggak perlu lama-lama lagi yuk kita eksplor Little Garden.





Little Garden

Seperti yang udah dijelasin sebelumnya, Little Garden ini adalah salah satu tempat makan yang menjual menu plant-based. Little Garden udah mulai beroperasi mulai tahun 2012 tapi konsep healthy food baru dijalankan selama kurang lebih 5 tahun terakhir yaitu tahun 2015. Mereka berubah haluan menjadi healthy food resto karena sadar akan bahaya makanan yang tidak sehat.

Bagian dari Little Garden

Nah, Little Garden ini termasuk di daerah Jogja utara daerah Maguwoharjo. Akses ke Little Garden mudah banget karena lokasinya udah tersedia di GMaps. Little Garden terletak di Jalan Mirota Nomer B5, jalannya lumayan besar cukup untuk lewat satu mobil. Parkir untuk motor bisa langsung di depan resto dan parkir untuk mobil lumayan agak PR karena enggak ada lahan parkir khusus mobil jadi mobil bisa diparkir di pinggir jalan deket resto, tenang aja.. jalannya bukan jalan umum jadi enggak terlalu ramai. Jam buka Little Garden mulai pukul 11.00 - 17.00 WIB dan hari Minggu tutup.

Bulk store

Little Garden ini homey banget deh, aku suka! Sebelum masuk ke tempatnya kita bakal lewat smoking area dan taman kecil mereka. Taman mereka ini walaupun kecil tapi isinya pepak banget semua sayur ada. Kemarin waktu aku ke sini sih yang udah mulai besar buahnya ada pare. Setelah masuk kita disambut dengan bulk store mereka. Kapasitas dari Little Garden ini cukup kecil, untuk area non-smoking disediain dua meja (satu untuk berempat dan satu untuk berdua) dan satu meja bar serta area smoking mereka (kalau ga salah ya) ada dua meja tiap mejanya bisa untuk dua orang. So, kalo datengnya rame-rame better to reservation before you came.
Kebun Little Garden

Sebelum masuk ke menu apa aja yang ada di Little Garden, aku mau bahas sedikit tentang bulk store mereka. Selain jadi tempat makan Little Garden juga menjual berbagai macam bumbu dapur mulai dari bumbu kering sampe yang bentuknya cairan. Bumbunya super duper lengkap deh! Mereka jualnya per gram. Oiya sedikit tips buat beli bumbu dapur di sini, usahakan bawa tempat sendiri.

Bagian dalam Little Garden

Next! Menu apa aja sih yang ada di Little Garden? Salah satu yang menarik dari menu yang ditawarkan mereka adalah setiap bulannya menu selalu berubah jadi kita yang beli enggak pernah bosen tapi tetep ada kok menu tetapnya kayak Namaste Sate, Green Salad, dan Katsu Asam Manis. Menu mereka ini plant-based, semua yang dijual bebas dari produk hewani, cocok banget buat yang vegetarian/vegan. Kalo pengen tau menu tiap bulannya apa aja bisa cek di instagram Little Garden. Perlu dicatat nih kalo mereka sistemnya self service.
Menu Little Garden

Harga per menunya berkisar antara Rp 30.000 - Rp 60.000. Menurutku -yang mahasiswa ini- harganya cukup mahal. Tapi.. setelah dilihat-lihat lagi mereka ini pake bahan yang segar dan premium jadi enggak bakal nyesel deh. Porsi yang dijual mereka pun juga besar jadi harga segitu worth it banget. Juga, masakan mereka pake bahan-bahan lokal dan enggak pake minyak kelapa sawit, gula pasir, bahan kimia, dan gluten.


Ricebowl Tongseng (Rp 55.000)
Satu porsi Ricebowl Tongseng

Pertama kali makanan ini dateng kaget karena porsinya banyak banget, hahahaha! Seporsi ricebowl tongseng ini isiannya ada mix salad, multigrain rice, tongseng jamur portabello, dan kripik bayam. Kita mulai review dari keripiknya dulu ya, keripiknya enak gurih asin tapi ga berlebihan asinnya dan minyaknya enggak pahit sama sekali. Lanjut ke mix saladnya rasanya gimana ya.. ya "sayur" banget fresh gitu sayurannya dan yang bikin unik adalah dressing yang dipake, kayaknya sih ada campuran bawang putihnya.

Lanjut ke multigrain ricenya, buat yang belum tau multigrain rice ini campuran dari biji-bijian seperti serealia dan polong-polongan. Multigrain rice ini sehat banget lho karena dia enggak cuma mencukupi kebutuhan karbohidrat tapi juga mencukupi kebutuhan serat kita karena kandungan seratnya tinggi dan pastinya nutrisi lebih lengkap. Nasi ini teksturnya pulen dan lembut, enak banget!

Nah ini dia bintang tamunya, kami persilakan tongseng jamur! 👏👏
Jamur yang dipake di tongseng ini adalah jamur portabello. Tekstur jamurnya lembut dan rasanya enggak begitu "jamur" unik ya! Untuk rasa tongsengnya cenderung manis kayak rasa tongseng pada umumnya bedanya kuahnya agak kental. Manisnya juga pas dan enggak lebay. Tapi sayangnya, menu ini cuma tersedia di Juli minggu terakhir kemarin.


Namaste Sate (Rp 58.000)
Satu porsi Namaste Sate

Menu selanjutnya, namaste sate. Sama kayak menu sebelumnya porsinya juga besar banget, satu porsi namaste sate ini dapet 7 tusuk sate. Selain 7 tusuk sate kita juga dapet saus kacang, mix salad, dan kentang crispy. Karena mix salad udah di-review di menu sebelumnya berarti kita langsung beranjak ke kentang crispy. Kentangnya ini unik banget jadi dia diparut terus digoreng, bentuk dan rasanya mirip grubi cuma bedanya grubi bahan dasarnya dari ketela/ubi. 

Lanjut ke satenya, satenya ini juga terbuat dari jamur cuma aku belum tau pasti jamurnya jenis apa. Rasa satenya mirip-mirip sate madura jadi rasanya gurih manis. Lagi-lagi sensasi "jamur" juga enggak terasa di makanan ini kayak makan sate biasa deh. Nah biar makin ciamik satenya dicampur sama saus kacang (btw kalian tim cocol atau tim tuang nih 😜). Saus kacangnya ini tipe yang lembut dan udah enggak ada cacahan kacangnya lagi dan rasanya enak pas banget kalo dicampur sama bawang merahnya. Menu ini wajib banget coba sih pasti enggak bakal nyesel deh, tenang aja.. menu ini jadi menu tetap di Little Garden.


Ricebowl Kari (Rp 55.000)
Satu porsi Ricebowl Kari

Last but not least kita review ricebowl karinya. Ricebowl kari ini isinya sama kayak ricebowl tongseng bedanya mereka pake katsu dan saus kari. Kalo gitu kita langsung aja review katsu karinya. Katsu mereka ini jelas plant-based ya tapi aku enggak tau bahan dasarnya apa. Teksturnya mirip-mirip beef croquette-nya Marugame Udon dan rasanya cukup unik. Untuk saus karinya ini enak banget! Rasanya lebih condong ke kari India jadi rasanya kuat dan aromanya sangat khas. Sayang sekali buat menu ini juga cuma tersedia di Juli minggu terakhir kemarin.



Oiya nih, setiap tamu yang dateng ke Little Garden ini dapet free air putih.
Sekian review dari aku, sampai bertemu di post selanjutnya!👋👋





***********

Little Garden - Indonesia Plant Based Cook
Banjeng, Meguwoharjo, Jalan Mirota Nomor B5, Tajem, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
Telepon: +62 812-2906-5551
Instagram: @littlegardenyk





"Sepandai-pandainya tupai melompat akhirnya jatuh juga,
sekeren-kerennya postingan saya pasti ada kekurangannya juga"

Comments

Popular posts from this blog

Review: Sego Saduk Suroboyo

Assalamualaikum! Wah udah lama banget aku gak posting di blog ini ya. Sebelumnya aku minta maaf karena jarang banget update info-info lagi, bukan karena males review atau apa tapi aku sekarang lagi sibuk banget menikmati hidupku menjadi maba. Ternyata jadi maba itu ribet-ribet gampang. Menurutku ribetnya jadi maba itu ngatur jadwal diri sendiri. Ya kumpul organisasi lah, tugas kelompok lah, praktikum lah, pokoknya ribet banget!🤣🤣 Btw, ngapain aku malah cerita ini ya? Okelah langsung aja review nya

Review: Buldaq Korean BBQ

*bersih-bersih blog* *ngelapin debu yang udah numpuk 10 cm* Halo semua! Akhirnya nulis blog lagi, tapi asli deg-degan karena udah lama banget enggak nulis. Terakhir aku nulis ya di postingan  Tanamera Coffee . Oiya, waktu tahun baru kemarin, di postingan  ini  aku sempet nulis: "Semoga di tahun ini aku bisa produktif nge- blog  *mengingat jadwal kuliah yang bikin huhuhuhu* dan semoga di tahun ini kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi!" Nyatanya aku gak nulis banyak tahun ini, ya, namanya juga sibuk banget kuliah dan printilan nya. Maaf ya temen-temen huhuhuhu. Menurutku, di tahun 2018 ini tren kpop kayaknya lagi melesat pesat di Indonesia. Enggak hanya musiknya aja, kuliner korea pun juga lagi "naik daun". Terbukti selama 2018 ini, restoran korea mulai dari jenis korbek* sampai ke street food dibuka di Indonesia, terutama Jogja. Salah satunya ini, yang baru aja buka cabang di Jogja, Buldaq Korean BBQ.

Review: Tanamera Coffee Jogja

Assalamualaikum! Akhirnya bisa ngisi blog lagi, hehehe. Post kali ini temanya membahas suatu coffee shop yang ada di kotaku, Jogja. Selama tahun 2018, tempat tempat ngopi yang ada di Jogja semakin banyak dan semakin menjamur. Enggak cuma di bagian tengah kota aja, tempat ngopi ini dah tersebar hampir ke seluruh Jogja misalnya Bantul, Sleman, dan sebagainya.  Nah, kebetulan aku dan teman SMPku mau ngadain suatu trip kecil-kecilan ke Malang dan butuh tempat buat kumpul. Setelah searching tempat mana yang asyiq jatuhlah pilihanku ke salah satu coffee shop deket Tugu dan itu adalah....