Skip to main content

Ramadan+


Azan isya telah berkumandang,
Aku bersiap untuk mengambil air wudu dan berjalan menuju masjid. Masjid yang kukunjungi pada malam itu sangat ramai. Banyak anak kecil sedang lari-larian dan bermain petasan sambil menunggu ikamah dikumandangkan. Ibu-ibu mereka sudah menempati tempat salat favoritnya sambil mengobrol satu sama lain. Aku menempati saf yang masing kosong.

Hayya 'alas-salah, Hayya 'alal-falah

Semua jemaah berdiri dan merapikan safnya, pun juga denganku. Tenang, khidmat, dan khusyuk itulah suasana yang tercipta saat salat isya dilaksanakan. Lantunan ayat suci yang dibacakan imam malam itu sangat merdu.

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh, Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salat isya telah selesai, kini saatnya imam memberikan ceramah.


"Rasulullah Saw. bersabda 'Betapa banyak orang yang berpuasa namun dia tidak mendapatkan dari puasanya tersebut kecuali rasa lapar dan dahaga.' Di bulan Ramadan, setiap muslim berkewajiban untuk menjalankan puasa. Namun ada di antara kaum muslimin yang melakukan puasa, dia tidaklah mendapatkan apa-apa kecuali lapar dan dahaga saja yang menghinggapi tenggorokannya ..."



Berangkat dari ceramah yang aku dengar malam itu. Hari ini aku akan membagikan sedikit tips agar ramadan kita berfaedah dan tidak sia-sia. 

Banyak orang yang mengabiskan waktu puasa dengan tidur, nonton film, stalking akun gosip dan lain-lain. Kalau dipikir-pikir lagi, kegiatan kayak gitu memberikan keuntungan bagi kita enggak sih? memberikan pahala enggak sih? berfaedah enggak sih?

sumber: malesbanget.com
Nah, daripada melakukan kegiatan yang enggak tau berguna atau engganya itu mending kita simak Ramadan+ agar ramadan kita enggak sia-sia:

1. Rutin Berzikir
 QS. Al-Baqarah [2]: 152
Kegiatan berzikir ini juga membantu kita untuk menjaga mulut kita, lho! Daripada kita gosipin dan gibahin orang mending kita berzikir aja, dapet pahala pula.


2.  Membaca Alquran

bersamadakwah.net

Salah satu dari sekian banyak keuntungan dalam membaca Alquran yaitu Alquran memberi syafaat bagi yang membacanya sesuai dengan sabda Rasulullah:
"Bacalah Alquran karena ia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafaat bagi pembacanya." (HR. Muslim dari Abu Umamah)
 Ngomongin syafaat, sebenarnya apa sih syafaat itu? Mudahnya syafaat itu koneksi. Contohnya kayak gini, misalnya aku kerja di salah satu perusahaan milik tante aku. Suatu hari, aku gak sengaja menghapus file kantor yang penting. Semua teman kantor pada marahin aku tapi tiba-tiba tanteku dateng dan bilang "Udah enggak apa-apa, kan masih bisa dibuat ulang". Pokoknya tante aku selalu membela aku karena aku punya koneksi persaudaraan dengan tanteku. Begitu juga dengan Alquran dan para pembacanya ketika hari kiamat datang.


3. Bersedekah

sumber: gnbindonesia
Di media sosial sering kita temui flyer-flyer bakti sosial. Pas banget nih, waktu bulan Ramadan kita juga ikut serta dalam kegiatan bakti sosial itu. Caranya praktis dan mudah, tinggal kirim aja berapa jumlah uang yang akan kita donasikan ke rekening tim bakti sosial. Selain itu ada juga yang melayanin jasa Cash On Delivery (COD) jadi kita tinggal janjian aja. Kalau misalnya dompet udah mengalami masa kritis bisa juga dengan cara mendonasikan baju-baju yang udah mulai sesak di tubuh tapi yang masih layak pakai lho ya, hehehe. Rasulullah bersabda:
Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.”
Dari hadis tersebut, kita juga bisa memberikan takjil gratis kepada orang yang sedang berpuasa. Bisa dibagikan di jalan raya, bisa juga ditaruh di masjid dekat rumah. 


4. Salat Tepat Waktu

sumber:  bahrulmaghfiroh.com
Sepertinya sepele ya, tapi menurutku ini amalan yang paling susah diantara yang lainnya. Setiap azan harusnya dukder langsung ambil air wudu ya. Tapi tuh selalu ada pemikiran "Nanti aja ah, 10 menit lagi, nanggung belum selesai kerjaanku." atau bisa juga malah jadi ngantuk. Pokoknya cobaan banget deh. Allah Swt. berfirman:
"Peliharalah segala salat(mu), dan (peliharalah) salat wusthaa. Berdirilah karena Allah (dalam salatmu) dengan khusyuk." QS. Al-Baqarah [2]: 238
Maksud dari kalimat "peliharalah salatmu" itu kita harus mengerjakan salat tepat waktu. Sekarang kan banyak ya aplikasi pengingat jam salat seperti Muslim Pro dan Salaam. Kita bisa memanfaatkan aplikasi ini sebagai pengingat. Jangan lupa atur alarm 5-10 menit sebelum azan jadi kita punya waktu persiapan sebelum salat dan yang paling penting, biasakan salat berjamaah di masjid.



Last but not least, kita harus selalu istikamah/konsisten dalam amalan yang kita kerjakan. Setelah bulan Ramadan berakhir amalan kita harus selalu jalan bukan ikut berakhir juga.

Sekian dan sampai bertemu di post selanjutnya!👋👋






"Sepandai-pandainya tupai melompat akhirnya jatuh juga,
sekeren-keren postingan saya pasti ada kekurangannya juga"

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Review: Sego Saduk Suroboyo

Assalamualaikum! Wah udah lama banget aku gak posting di blog ini ya. Sebelumnya aku minta maaf karena jarang banget update info-info lagi, bukan karena males review atau apa tapi aku sekarang lagi sibuk banget menikmati hidupku menjadi maba. Ternyata jadi maba itu ribet-ribet gampang. Menurutku ribetnya jadi maba itu ngatur jadwal diri sendiri. Ya kumpul organisasi lah, tugas kelompok lah, praktikum lah, pokoknya ribet banget!🤣🤣 Btw, ngapain aku malah cerita ini ya? Okelah langsung aja review nya

Review: Buldaq Korean BBQ

*bersih-bersih blog* *ngelapin debu yang udah numpuk 10 cm* Halo semua! Akhirnya nulis blog lagi, tapi asli deg-degan karena udah lama banget enggak nulis. Terakhir aku nulis ya di postingan  Tanamera Coffee . Oiya, waktu tahun baru kemarin, di postingan  ini  aku sempet nulis: "Semoga di tahun ini aku bisa produktif nge- blog  *mengingat jadwal kuliah yang bikin huhuhuhu* dan semoga di tahun ini kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi!" Nyatanya aku gak nulis banyak tahun ini, ya, namanya juga sibuk banget kuliah dan printilan nya. Maaf ya temen-temen huhuhuhu. Menurutku, di tahun 2018 ini tren kpop kayaknya lagi melesat pesat di Indonesia. Enggak hanya musiknya aja, kuliner korea pun juga lagi "naik daun". Terbukti selama 2018 ini, restoran korea mulai dari jenis korbek* sampai ke street food dibuka di Indonesia, terutama Jogja. Salah satunya ini, yang baru aja buka cabang di Jogja, Buldaq Korean BBQ.

Review: Tanamera Coffee Jogja

Assalamualaikum! Akhirnya bisa ngisi blog lagi, hehehe. Post kali ini temanya membahas suatu coffee shop yang ada di kotaku, Jogja. Selama tahun 2018, tempat tempat ngopi yang ada di Jogja semakin banyak dan semakin menjamur. Enggak cuma di bagian tengah kota aja, tempat ngopi ini dah tersebar hampir ke seluruh Jogja misalnya Bantul, Sleman, dan sebagainya.  Nah, kebetulan aku dan teman SMPku mau ngadain suatu trip kecil-kecilan ke Malang dan butuh tempat buat kumpul. Setelah searching tempat mana yang asyiq jatuhlah pilihanku ke salah satu coffee shop deket Tugu dan itu adalah....