Skip to main content

JALAN-JALAN: GARUT A.K.A SWISS VAN JAVA

Assalamualaikum!
Haloha semua!
Kita ketemu lagi di episode jalan-jalan (wah enaknya jalan-jalan mulu). Weittss, jalan-jalan ini sebenernya dibuat udah dari dua bulan yang lalu, tapiii berhubung aku sibuk banget jadi aku belum sempet ngurus blog lagih.

Yaudah deh, basa-basinya dah cukup langsung aja ke topik utama, yeay!

Day 1. Berangkat dari Cimahi (dalam keadaan puasa hari terakhir) sekitar jam 11.00 sebelum sholat dhuhur. Di perjalanan aku, emak, dan abah ngomong terus ga ada abisnya. Mulai dari bicarain macet sampe mau buka puasa apa disana ehehehe. Lagi asik-asiknya ngobrol, si abah kebelet pipis. Akhirnya kita cari mesjid sekalian sholat dhuhur juga.
Selesai sholat dhuhur kita langsung cuss ke Garut. Di tengah perjalanan aku disuruh nyari hotel apa aja yang ada di Garut pake 4sq. Setelah milih-milih hotel sana-sini, akhirnya kita milih di favehotel aja, soalnya hotelnya ditengah kota sama harganya murah juga dibanding yang lain(walaupun kita dapet harga high season)
Jam 14.00 kita udah sampe kota Garut! Di kotanya itu rameeee banget, apalagi pas masuk area pertokoan disana. Macet dimana-mana. Mungkin karena orang-orang pada belanja baju buat lebaran kali ya. Selesai check-in di favehotel kita lanjut jalan ke Alun-alun Garut. Di Alun-alun juga rameee banget, banyak anak kecil yang lari-larian, ada yang naik mobil-mobilan, ada pula yang naik "semacam" andong tapi yang mengendarai itu kambing, bukan kuda. Liat deh:
mbaknya emang udah sengaja pose kayak gitu
Unik ya? Setelah liat-liat keramaian di Alun-alun, kita cari takjilan buat buka puasa. Udah milah-milih akhirnya kita dapetin banyak makanan: sate telur yang diubet-ubet /?, martabak kecil nan murah (Rp2.000 aja), cilung dan masih banyak lagi.
Nah tadi aku nyebutin cilung. Cilung itu singkatan dari aci di gulung. Teksturnya tu lucu deh, empuk-empuk gimana gitu. Mungkin teksturnya 11-12 sama papeda kali ya.
si bapak cilung
Dan akhirnya buka puasa. Kita buka puasa di Masjid Agung Garut yang tempatnya tepat di sebelah alun-alun kota. Nah selesai buka puasa + sholat maghrib, kita mampir ke Asep Stroberi. Asep Stroberi ini terkenal banget di Kota Garut, menu yang paling terkenal disini itu ada 2: nasi liwet dan sambel stroberi yang super pedeesss. Kalo kalian suka pedes, wajib coba sambel stroberinya
paket liwet
Yang sangat disayangkan, waktu kita kesana nasi liwetnya abis, gantinya ya nasi putih biasa huhuhu  :( Setelah dari Asep Stroberi kita balik ke hotel, buat persiapan sholat ied besokannya

Day 2. SELAMAR HARI RAYA IDUL FITRI! Akhirnya lebaran ahahahaha. Kita udah siap-siap buat sholat ied dari jam 5 pagi. Sebenernya di favehotel itu juga ada sholat ied, tapi kita mau cari di tempat lain. Kalau di Alun-alun pasti rame banget, akhirnya kita nemu lapangan olahraga gitu, namanya Lapangan Kerkof.
suasana lebaran
Nah selesai sholat ied, kita pada maap-maapan. Dah selesai, kita balik lagi ke hotel. Di hotel itu, kita dapet voucher breakfast untuk 2 orang, jadi yang makan di restoran cuma aku dan emak aja
Menu yang disediakan sama hotelnya tu menu-menu khas lebaran gitu. Ada opor, ketupat, sambel goreng ati, empal, dan masih banyak lagi. Di restorannya tu udah penuh orang, ga ada satu pun meja yang kosong. Setelah nunggu beberapa menit, akhirnya ada yang udah selesai. Kita langsung duduk aja di situ. Nah dimejanya tu masih ada 2 piring yang isinya brownies sama roti kecil-kecil gitu
Keliatannya sih belom terjamah gitu brownies & rotinya itu, akhirnya kita makan aja deh
Kan mubadzir #alasanklasik

Selesai makan kita langsung check out. Rencananya abis check out ini kita mau lanjut ke pemandian air panas Cipanas terus ke Bandung. Di perjalanan, banyak banget hotel-hotel yang bentuknya kayak resort, tapi hotelnya udah tua-tua gitu deh. Sampe di Cipanas itu masih sepiii banget, ga ada mobil atau motor yang dateng. Dan bentuknya juga ga sesuai ekspetasi, gimana gitu. Akhirnya kita balik arah dan kita ke daerah Samarang, yang katanya banyak hotel-hotel bagus.
Awalnya kita mau makan siang di Kampung Sampireun yang udah terkenal sampe kemana-mana ituh. Eh ternyata restorannya belum buka, alhasil kita cuma foto-foto. Hotelnya sih bagus, bagus banget malah. Ini foto-fotonya:
pintu masuk
yang kecil kecil itu, kamarnya
Setelah puas foto-foto di Kampung Sampireun (sayang cuma foto-foto gak nginep) kita cabut lagi ke Kebun Mawar Situhapa. Kebun mawar ini tempatnya di ujung banget, lebih di atas. Pas kita dateng kesana juga masih sepi, cuma beberapa mobil pribadi yang dateng. Sebelum kita masuk ke kebunnya kita tanya-tanya dulu, udah buka apa belum. Ternyata udah buka, senengnyaaa
HTM ke Kebun Mawar Situhapa ini ga terlalu mahal, Rp15.000. Terjangkau kan?
tiket
Ternyata kita pengunjung pertama di kebun ini. Masih sepiii banget, enak jadinya. Banyak banget jenis-jenis bunga mawar dan bunga yang lainnya disini. ini ada beberapa yang sempet aku foto:
warna-warni
gak cuma mawar
Habis foto-foto di Kebun Mawar Situhapa bikin laper juga ternyata. Akhirnya kita memutuskan buat turun dan menuju ke tempat terakhir, yaitu Kamojang Green Hotel & Resort
Kamojang ini juga keren banget. Hotelnya sih kayaknya masih baru-baru gitu, cuma gatau deh. Karena udah masuk jam makan siang, kita memutuskan buat makan siang disini aja. Kita pesen paket nasi timbel untuk bertiga, sebenernya sih untuk berempat. Harganya kalo diitung-itung juga lumayan murah kok. Paket untuk berempat itu Rp150.000 dibanding harus pesen makanan sendiri-sendiri. Terus aku pesen jus strawberry, kalo si emak pesen orange juice
untuk satu orang

Puas makan siang di Kamojang, kita langsung sholat jumat di hotel. Selesai sholat jumat, kita jalan-jalan dulu di hotel Kamojang ini, selpih-selpih duluh disinih.
penampakan hotel
Puas berselpih-selpih-ria akhirnya kita memutuskan buat pergi dari Garut menuju ke Bandung
Seneng banget bisa mampir ke Garut yang katanya swiss van java ini.

Nah sekian jalan-jalan dari aku, dadah semuaaa!!

"Sepandai-pandainya tupai melompat akhirnya jatuh juga,
sekeren-kerennya postingan saya pasti ada kekurangannya juga"

1. Terima kasih buat tulisannya, bermanfaat mbak

gak sabar mau ke garut :)

1. Sama-sama mbaa :)
      Waaahh boleh dong mba share cerita di Garut :D

Popular posts from this blog

Review: Sego Saduk Suroboyo

Assalamualaikum! Wah udah lama banget aku gak posting di blog ini ya. Sebelumnya aku minta maaf karena jarang banget update info-info lagi, bukan karena males review atau apa tapi aku sekarang lagi sibuk banget menikmati hidupku menjadi maba. Ternyata jadi maba itu ribet-ribet gampang. Menurutku ribetnya jadi maba itu ngatur jadwal diri sendiri. Ya kumpul organisasi lah, tugas kelompok lah, praktikum lah, pokoknya ribet banget!🤣🤣 Btw, ngapain aku malah cerita ini ya? Okelah langsung aja review nya

Review: Buldaq Korean BBQ

*bersih-bersih blog* *ngelapin debu yang udah numpuk 10 cm* Halo semua! Akhirnya nulis blog lagi, tapi asli deg-degan karena udah lama banget enggak nulis. Terakhir aku nulis ya di postingan  Tanamera Coffee . Oiya, waktu tahun baru kemarin, di postingan  ini  aku sempet nulis: "Semoga di tahun ini aku bisa produktif nge- blog  *mengingat jadwal kuliah yang bikin huhuhuhu* dan semoga di tahun ini kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi!" Nyatanya aku gak nulis banyak tahun ini, ya, namanya juga sibuk banget kuliah dan printilan nya. Maaf ya temen-temen huhuhuhu. Menurutku, di tahun 2018 ini tren kpop kayaknya lagi melesat pesat di Indonesia. Enggak hanya musiknya aja, kuliner korea pun juga lagi "naik daun". Terbukti selama 2018 ini, restoran korea mulai dari jenis korbek* sampai ke street food dibuka di Indonesia, terutama Jogja. Salah satunya ini, yang baru aja buka cabang di Jogja, Buldaq Korean BBQ.

Review: Tanamera Coffee Jogja

Assalamualaikum! Akhirnya bisa ngisi blog lagi, hehehe. Post kali ini temanya membahas suatu coffee shop yang ada di kotaku, Jogja. Selama tahun 2018, tempat tempat ngopi yang ada di Jogja semakin banyak dan semakin menjamur. Enggak cuma di bagian tengah kota aja, tempat ngopi ini dah tersebar hampir ke seluruh Jogja misalnya Bantul, Sleman, dan sebagainya.  Nah, kebetulan aku dan teman SMPku mau ngadain suatu trip kecil-kecilan ke Malang dan butuh tempat buat kumpul. Setelah searching tempat mana yang asyiq jatuhlah pilihanku ke salah satu coffee shop deket Tugu dan itu adalah....