Skip to main content

JALAN-JALAN: DARI MENARA KUDUS SAMPAI KE KOTA TUA

Hola! Akhirnya Prita ngepost tentang jalan-jalan lagi, ehehehe. Di post kali ini aku mau cerita-cerita tentang libur usek kemaren. Jadi kemaren kemana aja, Prit? Alhamdulillah bisa jalan ke kota Kudus dan Semarang! Aku mulai aja ya ceritanya, udah gak sabar nih

Day 1. Kita berangkat dari Cepu sekitar jam 12-an selesai sholat dhuhur. Sebelum kita berangkat ke Kudus kita diajak sama temennya papa buat makan-makan dirumahnya. Sekitar jam 1-an kita selesai makan, kita langsung berangkat aja ke Kudus.
Nah, di tengah perjalanan aku ngerasa pusing, aku bilang aja ke mamaku kalo pusing dan akhirnya aku dikasih obat, abis itu pala aku dipijetin mama aku. Sampe di Blora, kita stop dulu di Bakso Pak Kumis karena mumpung lewat situ ehehehehe.

skip skip skip

Udah mulai mendekati adzan maghrib dan akhirnya kita sampe di Kudus! Daripada cari hotel, mendingan kita jalan-jalan dulu di alun-alunnya Kudus deh, sekalian nungguin adzan maghrib. Alun-alun di Kudus terbilang besar. Alun-alun ini dikelilingi sama masjid agung kota Kudus terus Mall Kudus terus ada kantor bupati Kudus terus apa lagi yaa.... Oiya ada Taman Bojana! Taman Bojana itu tempat kuliner kota Kudus.
Karena udah maghrib, akhirnya kita sholat dulu di masjid agungnya. Selesai sholat kita langsung makan di Taman Bojana karena sekalian aja biar abis dari hotel gak bolak-balik pergi lagi gitu.

Taman Bojana
Taman Bojana itu kayak pasar beringharjo bentuknya, pake kios-kios gitu. Makanan yang dijual di sana juga jenisnya gak terlalu banyak. Yaa seputaran soto kebo/soto ayam sama pindang kebo/pindang ayam gitu-gitu aja. Terus awalnya kita mau ke Soto Kudus Pak H. Sulichan, yang katanya terkenal itu. Etapi tutup. Akhirnya kita coba muter aja dan kita milih Soto Pak Rame.

Banyak yang tutup, karena udah malem
Penampakan soto ayam
Nah di Soto Pak Rame ini kita tanya banyak sama penjualnya. Pertama kita tanya jenang yang enak dari Kudus sini, kata mbaknya yang enak itu di Asia Aminah, tempatnya gak jauh dari masjid agung. Terus tanya seputaran Gunung Muria, soalnya kita besok rencana mau kesana. Katanya di Gunung Muria itu kalo mau ke makamnya mesti jalan kaki. Nah biar gak capek, kita bisa juga pake ojek. Kata mbak penjual ini kalo pake ojek lebih seru sama lebih menantang gitu. Oiya, di Gunung Muria ini kalo malem itu di pinggir jalannya banyak yang jual gethuk masih anget-anget gitu. Terus apalagi ya... Di Kudus ini kalo nyediain soto kebo ataupun soto ayam pake kecap merknya THG. Rasanya tu beda sama kecap kecap kayak bangau apa sedap gitu. Pokoknya beda rasanya
Abis makan di Taman Bojana, kita beli jenang dulu di Asia Aminah. Oleh-oleh udah ke beli, abis itu tinggal check in di @HOM Hotel, selonjor dulu aaahhhh

Day 2. Sekitar jam stengah 7 pagi kita sarapan di Hotel (ini niat banget sarapan) Makanannya gak terlalu banyak macemnya dan rasanya enak-enak! Oiya rate per malam di @HOM itu Rp 375.000,- (yang paling murah) tapi kalo kalian kesini hari Sabtu sama hari Minggu itu harga per malamnya bisa Rp 299.000,- Oke, jam 10 kita check out dari hotel dan kita mampir dulu di Museum Kretek. Tempatnya gak di tengah kota Kudus, agak ke samping dikit. Nah makanya kita disini pake GPS terus. Masuk ke Museum Kretek juga gak mahal-mahal banget. Kita kemaren bertiga itu bayar Rp 10.000 masih ada kembaliannya. Pas kita kesini itu sepi banget, cuma ada beberapa anak sekolahan lagi foto-foto di depan. Ini nih Museum Kretek:

Pintu masuk ke Museum Kretek
Rumah khas kudus yang ada di museum
Puas ngeliat proses pembuatan rokok, kita langsung capcus ke Gunung Muria! Et! tapi kita mampir lagi di Menara Kudus buat sholat jumat.

Menara Kudus dan Masjid Menara Kudus
Nah waktu pas sholat jumat, kan aku jajan di sekitaran masjid, eh tiba-tiba aku nemu toko yang nyediain es teh gratis gitu, soalnya yang punya lagi jumatan.
Es teh gratisan
Sampe di Gunung Muria itu sekitar jam 1 atau jam 2 gitu. Pas udah parkir terus itukan turun dari mobil, nah kita tu langsung di ampiri sama tukang ojeknya. Awalnya kita mau ke Air Terjun sekitar situ, tapi karena harus jalan lagi (sekitar 200 meter) abis naik ojek, kita ke makamnya aja soalnya langsung sampe.
Perjalanan pun dimulai, awalnya jalannya gak terlalu nanjak etapi di tengah perjalanan tu jadi naik turun banget gitu mana si kang ojeknya ngebut, jadinya makin seru deh! Gak sampe 10 menit kita udah sampe di pelataran makamnya. Kita lanjut jalan aja ke dalem. Karena aku lagi halangan, jadi aku gak bisa ikut ke dalem makamnya, jadi aku nunggu aja di luar sambil liat-liat dagangan.
Gak tau ini buah apa, katanya cuma ada disitu
Nah kan udah selesai, kita ke tempat parkir pake ojek lagi. Ternyata turun ke tempat parkirnya lebih seru daripada pas naik. Harga bolak-balik dari Parkiran ke Makam Sunan Muria itu Rp20.000 per ojek. Selesai dari Gunung Muria kita ngelanjutin perjalanan ke Semarang! Aye! Di tengah perjalanan kita makan soto (lagi) di Soto Bu Jatmi. Yang ini rasanya lebih enak dibanding yang Pak Rame kemaren.

skip skip skip

Sekitaran jam 5 kita udah sampe Kota Semarang! Kita kan mau nginep di Hotel Semesta ya, jadi kita harus ngelewatin kawasan kota tua dulu. Nah pas lewat sana kita itu ngeliat bus tingkat yang atasnya terbuka, gak mikir panjang kita langsung parkir dan naik ke bus itu.
Penampakan bus dari depan
Bus ini baru beroperasi 10 hari (dari tanggal 3 Maret 2015) Harga per orangnya itu Rp 10.000, murah kan? Terus kita duduk di atas (lt. 2) Sambil nunggu penuh, kita selfie-selfie dulu ehehehehe. Nah karena busnya udah penuh, kita mulai muter-muter kotu. Sambil motret-motret kita juga didongengin tentang sejarah berdirinya suatu bangunan yang ada di kotu. Start bus ini dari Gereja Blenduk sampe balik lagi ke situ.

Gereja Blenduk
Puas muter sana-sini akhirnya kita balik ke Gereja Blenduk. Sebelum kita check in ke hotel, kita jalan-jalan dulu di kotu-nya. Nah karena ini malem Sabtu, disini itu ada kayak pasar yang jual barang antik. kita mampir dulu liat barang-barang antik. Pas lagi liat-liat kan aku motretin barangnya, nah tiba-tiba abang yang punya kios itu minta di fotoin dia sama kiosnya itu, aku iyain aja. Ini fotonya:

Mampir yuk, tiap malam sabtu dan malam minggu di kota tua
Banyak barang yang dijual, salah satunya kamera ini
Selesai dari kota tua, kita langsung cuss ke hotel (kasuuurrr!! aku padamuu) Kita nginep di Hotel Semesta harganya sekitar 400ribuan per malam. Selesai bersih-bersih, kita lanjut jalan buat cari makan. Niatnya mau makan di foodcourt (gatau namanya) tempatnya tu gak jauh dari simpang lima, eh ternyata sekarang udah dipindah (gatau dimana) dan disitu mau di bangun Hotel Tentrem. Akhirnya kita muter balik ke arah hotel dan makan di daerah sekitaran hotel kita aja, soalnya aku lagi gak enak badan. Nah nemu deh tempat makan namanya Gapura. Gapura itu juga semacam foodcourt gitu. Selesai makan kita balik ke hotel.

Day 3. Saatnya buat meninggalkan kota Semarang! Packing sana-sini terus kita check out deh dari hotel. Sebelum kita balik ke Jogja, kita mampir dulu di Lunpia Delight. Lunpia Delight ini halal loh. Selesai beli oleh-oleh di Lunpia Delight, kita lanjut perjalanan pulang.
Di tengah perjalanan, kita makan siang di Kopi Banaran. Tadinya kita mau liat taman kupu-kupu, eh malah ujan. Jadinya gak jadi deh. Sekitar jam 5 kita sampe di Jogja.

Nah, sekian cerita ceritanya. Besok kalo ada kesempatan buat jalan-jalan (dan nulis) aku bakal nulis lagi deh! Dah!

"Sepandai-pandainya tupai melompat akhirnya jatuh juga,
sekeren-kerennya postingan saya pasti ada kekurangannya juga"

1. This comment has been removed by the author.

2. Meskipun dibilang Sotonya lebih enak Soto Jatmi, terima kasih sudah mampir di Soto Pak Rame
    Semoga referensi jenang juga anjuran lebih seru naek ojeg buat ke makam Sunan Murianya tidak mengecewakan.
    Terima kasih buat komen rasa sotonya, bisa jadi pemicu buat semakin mengenakkan rasa sotonya hehe