Skip to main content

TIPKER: LOMBOK


Alhamdulillah, liburan juga. Setelah berjuang ngerjain soal-soal UAS untuk mendapatkan nilai yang maksimal, akhirnya kita liburan.

Nah waktu liburan gini, aku juga mau bahas tipker tentang........apa yaa. Silahkan dinikmati:



Orang bilang sih, ini salah satu dari sekian banyak surga dunia yang ada di dunia. Pulau yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara, tepatnya di Nusa Tenggara Barat (NTB) ini memiliki penduduk yang sekitar 80% adalah suku Sasak. Sebuah suku yang masih dekat dengan suku Bali, tetapi sebagian besar memeluk agama Islam. (jadi kemungkinan besar makanan yang dijual disini halal). Ya, Pulau Lombok.
Tipker kali ini mau bahas tips apapun yang berhubungan dengan Lombok.

1. Siapin Budget yang Pas (bahkan lebih)
sumber
Kalo yang ini sih, hukumnya wajib. Ya kali, kita pengen liburan tapi gak ada budget. Kalo liburan ga ada budget mending cari alternatif lain, coba kamu liat disini. Budget yang diperlukan buat ke Lombok paling sekitar 5.000.000/orang utk 3 hari cukup (bahkan lebih) lah. Tapi kalo lima juta itu, hotelnya masih hotel ala backpacker gitu, dan transportnya pake motor juga. Tiket pesawatnya juga belum yang promo.

2. Buatlah Itinerary yang Oke
sumber
Apasih itinerary itu? Kalo dalam bahasa indonesia itu artinya rencana perjalanan. Jadi kita buat dulu rencana perjalanan, mau bawa apa aja nantinya, mau berapa hari kita di Lombok, mau kemana aja di Lombok, mau makan makanan apa aja di Lombok, dan lainnya. Kalo aku nyaranin ke Lombok itu milih yang 4 hari 3 malam. Misalnya 1 malam di Mataram, 2 malam di Gili Trawangan, atau sebaliknya. Atau pilihan lain dari di Bali 1 malam di Gili Trawangan 2 malam.

3. Pesen Tiket Pesawat Lebih Awal
sumber
Kenapa lebih awal? Ya kita cari yang murah dong, hehehe. Kan ada tuh maskapai yang suka ngadain promo "Beli sekarang, terbang taun depan" Ada kan? Nah itu juga boleh dicoba, kan yang penting murah. Atau biasanya ada pameran tiket penerbangan gitu, disitu juga banyak promo-promo tiket. Atau yang paling mentok, kita bisa pesen lewat Traveloka, Wego, Tiket, dan website-website yang lainnya. Soalnya harga yang ada di web-web tadi itu miring banget (murah)

4. Pesen Hotel dari Sekarang
sumber
Tiket pesawat udah, tinggal tiket hotel. Kita bisa pesen di web hotelnya langsung atau mau pesen by phone (biasanya harganya beda). Alternatif lain, biar kita dapet hotel yang murah, kita bisa pesen lewat AgodaBooking, Book Panorama, dan sejenisnya. Ya, dari web-web ini harganya murah banget, potongan harganya itu gila-gilaan. Ada yang sampe 80% potongannya. 

5. Tempat yang Harus Dikunjungi
sumber
Gak afdol kalo udah ke Lombok tapi gak jalan-jalan ke tempat wisata, kecuali kamu udah punya private villa. Ini dia tempat-tempat yang wajib kamu kunjungi:

sumber
Pantai yang berada di sebelah barat pesisir Pulau Lombok ini memiliki pasir putih yang indah. Gak banyak sampah disini, yaa adalah sampah tapi cuma sampah daun-daun gitu. Di Senggigi kamu bisa coba snorkeling buat liat-liat indahnya terumbu karang disini. Kalo mau snorkeling disini kurang lebih harganya Rp100.000 per orang.

sumber
Belum ke Lombok kalo belum ke Taman Narmada, taman yang terletak di daerah Narmada, tepatnya di desa Lembuak, Lombok Tengah. Kurang lebih 10 Km dari kota Mataram jika ditempuh lewat jalur darat. Udara disini sejuk banget. Di taman ini terdapat air awet muda, juga sate bulayak (hehehe).

sumber
Pantai yang terletak tak jauh dari BIL (Bandara Internasional Lombok) di Lombok Tengah ini memiliki struktur pasir yang unik. Struktur pasir tersebut seperti butiran-butiran merica. Kalo pengen menikmati keindahan Pantai Kuta lebih lama, jangan khawatir. Disini terdapat beberapa hotel seperti Bungalow Cockatoo, Novotel Coralia, Segara Anak Bungalow, dan masih banyak lagi.

sumber
Ya ketiga Gili ini emang layak dikunjungi. Mulai dari Gili Trawangan yang penuh akan cafe-cafe, lalu Gili Meno yang enak untuk menikmati private villa, dan Gili Air untuk menikmati indahnya sunrise.
Sebenernya masih banyak yang harus di jamah, tapi aku kasih nama-namanya aja ya: Air Terjun Sendang Gila, Gunung Rinjani, Gili Nanggu, Batu Bolong (Pura), Batu Layar (Makam Ulama), Tanjung Aan

6. Makanan yang Perlu dicoba 
sumber
Ini nih bahasan yang paling aku suka, kulineran! Daripada nunggu lama-lama yuk kita liat makanan apa aja yang wajib dicoba:

1. RM Taliwang Raya
sumber
Nah RM Taliwang Raya ini terletak di Jl. Ade Irma Suryani No. 53, Monjok. Tempatnya gak terlalu di tengah kota. Kalo paling aman sih pake GPS aja, biar gak ke sasar. Makanan yang disediakan disini macem-macem ada ayam taliwang, plecing kangkung, ikan bakar, tahu goreng dan masih banyak lagi. Kalo disini ayam taliwang disebutnya bukan ayam taliwang, tapi ayam bakar. Macem ayam bakarnya banyak, ada yang plecing (pedas), kecap, madu, dll. Porsi ayamnya itu satu ekor tapi ukurannya kecil banget (hehehe). Harga ayam per porsi itu 45.000, yaa harganya emang kurang bersahabat tapi kalo dari rasa ini enak banget. Gak terlalu pedes, kalo orang lombok asli makan disini katanya rasa turis

2. Sate Bulayak
sumber
Apa sih spesialnya sate bulayak? Yang bikin spesial dan beda daripada sate yang lain itu lontongnya atau orang lombok sih nyebutnya bulayak. Bulayak ini sejenis lontong yang dibungkus dengan daun aren atau daun enau dengan bentuk memanjang seperti spiral, sehingga untuk membukanya harus dengan gerakan memutar. Rasa dari sate bulayak ini tu lombok banget, pokoknya wajib coba deh! Kalo mau makan ini gak harus kesana kemari, di daerah Jl. Udayana, di objek wisata kayak Pura Lingsar, Taman Narmada, Taman Suranadi, atau di Pasar Seni Senggigi.

3. Nasi Puyung Cap Inaq Esun
sumber
Kalo dari penampilan sih kayak nasi bungkus pada umumnya. Lauknya cuma suwiran daging ayam yang diolah sama cabe, kacang kedelai, taburan udang kering, abon serta belut goreng. Tapi jangan salah, makanan ini pedesnya nagih banget, nasinya putih tapi kalo dimakan rasanya pedes. Tempatnya ada di desa Puyung, nama warungnya itu Nasi Balap Cap Inaq Esun. Kalo kalian gak punya waktu banyak dan gak bisa jauh-jauh sampe ke desa Puyung, kita bisa ke Jl. Sriwijaya no. 80

4. Warung Rembiga
sumber
Dinamakan rembiga karena satenya berasal dari daerah Rembiga yang berada di dekat ex bandara selaparang. Sate sapi ini rasanya enak, pedes, gurih, manis dicampur jadi satu. Ya kalo di Jogja sama kayak yang sate depan pasar Beringharjo itu lo. Nama dari warung ini adalah Warung Rembiga yang terdapat di Jl. Dakota No. 2 Mataram
Dan masih banyak lagi tempat makan yang harus kita coba, diantaranya:
Gili Trawangan Food Market, Sate Tanjung, Depot Kelebet (Bebalung), dan lainnya.

7. Oleh-oleh untuk Keluarga
sumber
Apa aja sih oleh-oleh yang pas buat keluarga/teman? Ini dia listnya:
- Olahan dari Rumput Laut (dodol, manisan, dll)
- Mutiara Lombok
- Kain Tenun Sasak
- Susu Kuda Liar
- Madu Sumbawa
Bingung mau beli dimana? Kalo untuk Mutiara, kamu bisa mampir ke toko Riyan, disini harganya lebih murah daripada toko yang lain. Kalo kain tenun Sasak bisa dibeli di desa Sade sambil melihat proses pembuatannya. Kalo makanan seperti olahan rumput laut kamu bisa ke Lestari.


"Sepandai-pandainya tupai melompat akhirnya jatuh juga,
sekeren-kerennya postingan saya pasti ada kekuranganya juga"

Comments

Popular posts from this blog

Review: Sego Saduk Suroboyo

Assalamualaikum! Wah udah lama banget aku gak posting di blog ini ya. Sebelumnya aku minta maaf karena jarang banget update info-info lagi, bukan karena males review atau apa tapi aku sekarang lagi sibuk banget menikmati hidupku menjadi maba. Ternyata jadi maba itu ribet-ribet gampang. Menurutku ribetnya jadi maba itu ngatur jadwal diri sendiri. Ya kumpul organisasi lah, tugas kelompok lah, praktikum lah, pokoknya ribet banget!🤣🤣 Btw, ngapain aku malah cerita ini ya? Okelah langsung aja review nya

Review: Buldaq Korean BBQ

*bersih-bersih blog* *ngelapin debu yang udah numpuk 10 cm* Halo semua! Akhirnya nulis blog lagi, tapi asli deg-degan karena udah lama banget enggak nulis. Terakhir aku nulis ya di postingan  Tanamera Coffee . Oiya, waktu tahun baru kemarin, di postingan  ini  aku sempet nulis: "Semoga di tahun ini aku bisa produktif nge- blog  *mengingat jadwal kuliah yang bikin huhuhuhu* dan semoga di tahun ini kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi!" Nyatanya aku gak nulis banyak tahun ini, ya, namanya juga sibuk banget kuliah dan printilan nya. Maaf ya temen-temen huhuhuhu. Menurutku, di tahun 2018 ini tren kpop kayaknya lagi melesat pesat di Indonesia. Enggak hanya musiknya aja, kuliner korea pun juga lagi "naik daun". Terbukti selama 2018 ini, restoran korea mulai dari jenis korbek* sampai ke street food dibuka di Indonesia, terutama Jogja. Salah satunya ini, yang baru aja buka cabang di Jogja, Buldaq Korean BBQ.

Review: Tanamera Coffee Jogja

Assalamualaikum! Akhirnya bisa ngisi blog lagi, hehehe. Post kali ini temanya membahas suatu coffee shop yang ada di kotaku, Jogja. Selama tahun 2018, tempat tempat ngopi yang ada di Jogja semakin banyak dan semakin menjamur. Enggak cuma di bagian tengah kota aja, tempat ngopi ini dah tersebar hampir ke seluruh Jogja misalnya Bantul, Sleman, dan sebagainya.  Nah, kebetulan aku dan teman SMPku mau ngadain suatu trip kecil-kecilan ke Malang dan butuh tempat buat kumpul. Setelah searching tempat mana yang asyiq jatuhlah pilihanku ke salah satu coffee shop deket Tugu dan itu adalah....